1
|
Salah satu dorongan seseorang melakukan hubungan sosial yaitu adanya
keinginan hidup yang tenang, damai, dan bebas dari ancaman yang disebut
hasrat untuk …
a.
mempertahankan diri
b.
hasrst untuk berjuang
c.
saling tolong menolong
d.
memenuhi kebutuhan hidup
|
|
2
|
Bentuk hubungan
sosial yang cenderung menciptakan persatuan dan solidaritas anggota disebut
hubungan yang bersifat …
a. assosiatif c. dissosiatif
b. kontroversi d. akulturasi
|
|
3
|
Meredakan pertentangan untuk mewujudkan kestabilan sosial dalam hubungan
sosial disebut …
a. asimilasi c. kooperasi
b. akomodasis d. akulturasi
|
|
4
|
Faktor yang mendasariter jadinya hubungan sosial yaitu proses kejiwaan seseorang yang merasa tertarik epada orang lain, disebut
…
a. sugesti c. simpati
b. identifikasi d. motivasi
|
|
5
|
Kondisi geografis berikut yang dapat mendorong terjadinya hubungan sosial
adalah ….
a. daerah pegunungan c. Daerah rawa-rawa
b. kepulauan d. Dataran rendah
|
|
6
|
|
|
7
|
Sebutan keluarga
yang terdiri atas ayah, ibu, dan beberapa anak saja disebut …
a. nuclear family c. extended family
b. keluarga berencana d. Keluarga
yang diperluas
|
|
8
|
Dilihat dari penyebarannya , contoh pranata sosial khusus adalah pranata …
a. negara c. keluarga
b. sekolah d. Agama
islam
|
|
9
|
Lembaga Negara
yang berwenang membuat dan merevisi undang-undang adalah lembaga…
a. eksekutif c.
yudikatif
b. peradilan d.
Egisatif
|
|
10
|
General institution dan restructed institution merupakan pengelompokan
pranata sosial berdasarkan sudut pandang .....
a. pengaruhnya c.
Sistem nilai
b. penyebarannya d. Tanggapan masyarakat
|
|
11
|
Tujuan P.M Koiso memberi janji kemerdekaan kepada rakyat indonesia adalah
untuk …
a. menjalin kerjasama dengan Indonesia
b. meningkatkan
derajat Jepang
c. mengamankan
kedudukan PM Koiso dalam pemerintahan
d. menarik
dukungan dari rakyat Indonesia
|
|
12
|
Langkah nyata dari janji PM Koiso untuk member
kemerdekaan kepada rakyat Indonesia adalah…
a. pembentukan PPKI
b. pembentukan BPUPKI
c. memberi bantuan militer
kepada Indonesia
d. diijinkannya mengibarkan
bendera merah putih
|
|
13
|
Tujuan pembentukan BPUPKI bagi bangsa Indonesia adalah …
a. memproklamasikan emerdekaan
b. memilih Presiden dan
Wakilnya
c. merancang dasar negara dan UUD
d. merancang UUD dan GBHN
|
|
14
|
Pada tanggal 22 Juni 194, Panitia sembilan berhasil menyusun sebuah
dokumenyang dikenal dengan
nama ….
a. Piagam Jakarta c.
Pancasila
b. Atanti Charter d. Piagam Charter
|
|
15
|
|
|
16
|
Panitia perancang UUD menyetujui bahwa inti dari pembukaan
UUD diambil dari …
a. pidato Ir.
Soekarno
b. asas yang
dikemukakan Muh. Yamin
c. asas yang
disampaikan Mr. Soepomo
d. Jakarta
Charter
|
|
17
|
Sistem landrent yang dilaksanakan pada masa
pemerintahan Raffles mengalami kegagalan karena…
a. kondisi Indonesia tidak sama dengan India
b. krisis ekonomi yang melanda dunia
c. rakyat Indonesia yang belum mengenal uang
d. didukung oleh para bupati
|
|
18
|
Latar belakang diterapkannya system tanam paksa
adalah …
a. kaum liberal memperoleh kemenangan
b. untuk meningkatkan produksi pertanian
c. untuk menjaga P. Jawa dari serangan Inggris
d. untuk mengatasi kesulitan /
kekosongan Kas negara Belanda
|
|
19
|
Rakyat di wilayah Jajahan diwajibkan
menanam jenis tanaman yang hasilnya
laku di pasar dunia. Adalah praktek dari .....
a. sistem kerja rodi c. Sistem culture stelsel
b. sistem landrent d. Politik pintu terbuka
|
|
20
|
Untuk membaas jasa atas kebaikan bangsa
Indonesia, Van De Venter mengusulkan diterapkannya ....
a. sistem
kerja rodi c. politik pintu
terbuka
b. sistem tanam paksa d. politik etis/etika
|
|
21
|
Masalah
yang dihadapi manusia adalah bagaimana
cara …
a. memanfaatkan uang yang
sebaik-baiknya
b. memenuhi kebutuhan yang
tidak terbaas sementara alat
pemuas kebutuhannya terbatas
c. memenuhi kebutuhan yang
terbaas sementara alat pemuas kebutuhannya tidak terbatas
d. menunda pemenuhan kebutuhan
yang tidak terbatas
|
|
22
|
Suatu keadaan dimana jumlah sumber daya yang ada dirasa kurang untuk
memenuhi berbagai kebutuhan manusia disebut …
a. sumber daya c. Kekurangan
b. kebutuhan d. kelangkaan
|
|
23
|
Perhatikan data berikut!
1. terbatasnya persediaan sumber daya alam
2. terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah SDA
3. memprioritaskan kebutuhan yang paling pokok
4. sumber daya alam yang rusak akibat keserakahan
manusia
5. menggunakan sumber daya alam dalam berbagai alternatif
Berdasarkan
data di atas, faktor-faktor yang mempengaruhi kelangkaan sumber daya
adalah ….
a. 1 , 2 , 3 c.
1 , 3 , 4
b. 1 , 2, 4 d.
1 , 2 , 5
|
|
24
|
|
|
25
|
Kebutuhan
jasmani dan kebutuhan rohani termasuk jenis kebuthan menurut …
a. tingkat kepentingannya
b. sifatnya
c. waktu
pemenuhannya
d. subyeknya
|
|
26
|
Perhatikan data berikut!
1. tingkat pendapatan seseorang
2. tingkat pendidikan seseorang
3. tingkat kebudayaan
4. ingkat kehidupan manusia
5. tingkat IPTEK
Berdasarkan
data di atas, faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kebutuhan
manusia yang paling tepat adalah ….
a. 1 , 2 , 3,
4 c. 2
, 3 , 4,
5
b. 1 , 2, 4,
5 d. Semua
benar
|
|
27
|
Skala prioritas kebutuhan disusun berdasarkan …
a. jenisnya c.
Waktu pemenuhannya
b. kepentingannya d. sifatnya
|
|
28
|
Segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat
pemuas kebutuhan adalah .....
a. barang c.
uang
b. jasa d. Barang dan jasa
|
|
29
|
Motor dan bensin , bolpen dan buku tulis, kompor dan
gas, menurut hubungannya termasuk barang …
a. konsumsi c.
komplementer
b. produksi d.
substitutsi
|
|
30
|
Pakaian seragam lebih berguna jika digunakan di
sekolah, pasir di sngai lebih berguna jika dipindahkan di suatu proyek,
karena pakaian seragam dan pasir mempunyai kegunaan …
a. bentuk c. tempat
b. waktu d.
pelayanan
|
|
B
|
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat !
|
|
31
|
Dua
propinsi di Kalimantan yang termasuk dalam pembagian daerah Waktu Indonesia
Bagian Barat adalah ....
|
|
32
|
Sebutkan
pembagian daerah iklim di dunia berdasarkan garis lintangnya !
|
|
33
|
Sebutkan 3
penyebab bubarnya VOC !
|
|
34
|
Sebutkan dan
jelaskan jenis kebutuhan menurut kepentingannya !
|
|
35
|
Sebutkan tiga
macam kebutuhan yang termasuk prioritas pertama dalam menyusun skala prioritas
kebutuhan !
|